Model pembelajaran blended learning yang dipadukan dengan life based learning merupakan pembelajaran masa kini dan masa depan yang perlu dikuasai oleh para tenaga pengajar, yang didalamnya berusaha menyatukan sistem pembelajaran yang bersifat Offline (non-daring) dan Online (daring).
Metode pembelajaran tersebut akan digunakan sebagai pemecahan permasalahan pembelajaran yang ditemukan sehingga diarapkan hasil belajar menjadi lebih baik. Inovasi metode pembelajaran yang memanfaatkan pengembangan teknologi dan komunikasi juga dibutuhkan untuk menambah variasi pembelajaran. Penelitian sebelumnya yang dilakukan peneliti penerapan model blended learning untuk mata kuliah Atletik lebih efektif dan efisien dalam proses tatap muka, offline dan online, sehingga diperlukan perluasan penerapan model blended learning yang ditemukan peneliti untuk peningkatan proses belajar di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Metode pembelajaran blended learning merupakan alternatif metode pembelajaran yang tepat dan lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional, penggunaan strategi pembelajaran blended learning secara signifikan lebih baik daripada strategi pembelajaran tatap muka dalam memberikan perolehan belajar konsep statistik. Sudarman, (2014:114). Dapat disimpulkan bahwa dalam perkuliahan teknik dan praktik matakuliah Atletik dapat menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan proses belajar dan mengajar yang sesuai dengan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan peserta didi